Komponen Mesin Es Krim yang Harus Diketahui

Komponen mesin es krim

Mesin es krim bekas murah– Mesin es krim dibutuhkan untuk usaha es krim dalam skala yang besar. Banyaknya pembuatan es krim perharinya akan menguntungkan para pengusaha, maka wawasan akan pemilihan serta perawatan setap inci pada mesin perlu dimiliki oleh pengusaha tersebut. oke kali ini kita akan bahas mengenai apa-apa saja komponen penting dalam mesin es krim dan juga kegunaannya.

mesin-es-krim

  1. Kompressor

Bagian mesin yang paling penting adalah kompressor, bagian ini berfungsi untuk mengatur atau menciptakan kompresi pada sistem atau Freon-nya, sehingga adonan es krim dapat beku membentuk es krim yang lembut dan sempurna. Ini merupakan bagian komponen utama yang sangat mempengaruhi mutu es krim.

  1. Hopper

Ini adalah wadah tempat menaruh adonan es krim. Letaknya berada di atas mesin es krim yang berjumlah 2 wadah. Cara perawatannya sangat gampang, yaitu jika Anda selesai menggunakan mesin ini bisa Anda lepas wadahnya dan cuci dengan air bersih atau dengan sabun. Nah sebelum digunakan kembali Anda bisa mengulang proses pembersihan namun dengan cara memasukan air ke dalam hopper yang telah dipasang dan setelah itu air dikeluarkan melalui valve mesin.

  1. Expansion valve

Merupakan komponen yang bertugas untuk mengubah tekanan pada refrigrant digunakan untuk proses evaporasi atau artinya proses perubahan zat cair menjadi gas atau uap. Komponen sangat vital karena jika proses pemuaian melalui refrigran tidak berlangsung baik akibat sumbatan, maka proses evaporasi pada bagian barrel atau ruang pendingin menjadi tidak sempurna. Akibatnya akan mempengaruhi suhu atau temperatur bahan untuk dibekukan atau didinginkan.

  1. Cooling room

Silinder atau cooling room ini terdiri atas cairan yang mirip seperti es batu dan garam beku yang melalui proses penguapan tersebut akan menciptakan temperature dingin di dalam silinder yang berisi adonan es krim.

  1. Valve

Yang merupakan bagian mesin es krim yang bertugas untuk mengeluarkan es krim yang berada di dalam hopper. Jenis valve terbagi menjadi dua yaitu mechanical system dan electric system. Bedanya hanyda pada cara penggunannya, bila mechanical system kita harus menekan kebawah gagang atau handle valve tersebut sedangkan electric system sudah menanamkan teknologi yang canggih di mana Anda cukup memposisikan gelas di bawah keluaran valve karena sudah menggunakan sistem sensor atau limit switch.

 Nah dari ulasan diatas kini Anda dapat mengetahui apa-apa saja komponen penting dalam mesin es krim. Jika Anda memutuskan untuk membeli mesin es krim bekas murah pastikan kalau beberapa komponen di atas masih dalam kondisi yang bagus dan tidak banyak yang diganti atau dibongkar oleh pengguna pertamanya.

-SUC-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s