Tips Membuat Susu Kedelai Kaya Nutrisi

Manfaat dan cara pengolahan kedelai

Susu memiliki banyak nutrisi untuk tubuh, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Untuk umur produktif, susu membantu proses pertumbuhan dan sedangkan untuk remaja atau dewasa dengan mengkonsumsi susu secara rutin dapat membatu mencegah pengkroposan tulang. Macam-macam susu pun banyak mulai dari susu hewani, yaitu susu kambing dan sapi, ada pula susu nabati seperti susu kedelai, susu kelapa, susu beras dan lain-lain. Bagi orang yang alergi terhadap susu hewani, mengkonsumsi susu nabati yang berasal dari kacang-kacangan dan biji-bijian adalah solusinya, misalnya susu kedelai. Selain masalah alergi, harga susu hewani yang relatif mahal juga menjadi alasan kenapa orang-orang lebih memilih susu kedelai.

Home made fresh soy milk

Susu kedelai dibuat dari kacang kedelai yang digiling dan diolah dengan cara direbus. Kadar protein dan komposisi asam animo di dalam susu kedelai sama seperti susu sapi, namun hal itu tergantung pada varietas bijinya dan bagaimana cara pengolahannya. Nah, untuk itu bagaimana sih cara mengolah kedelai menjadi susu tanpa mengurangi kandungan vitamin dan protein di dalamnya? Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Hal pertama yang harus dilakukan adalah persiapkan bahan serta alat untuk pembuatannya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

½ cup kacang kedelai

1 liter air

½ sedok teh perasa vanilla

2-3 lembar daun pandan

Dan gula secukupnya

Setelah bahan dan peralatan disiapkan, langkah selanjutnya adalah proses pembuatan. Langkah pertama, rendam kacang kedelai minimum selama 12 jam. Setelah direndam bersihkan kacang kedelai hingga kulit arinya terlepas dan tiriskan. Langkah selanjutnya adalah blender hingga halus sedikit demi sedikit kacang kedelai yang sudah dibersikan tersebut dengan 3 gelas air. Setelah halus, saring menggunakan kain putih tipis dan diperas secara berulang-ulang. Pada saat penyaringan dengan kain baiknya lakukan sedikit demi sedikit agar sari kedelainya dapat terperas semua. Proses ini dilakukan berulang-ulang hingga air agak bening.

Selanjutnya rebus perasan kedelai tersebut dengan api sedang dan tambah gula, garam, serta segelas air. Saat merebus air perasan Anda harus terus mengaduk agar tidak pecah. Untuk mengetahui sudah mendidih atau belum, Anda bisa lihat dari busa yang semakin mengembang naik. Bila busa sudah mengembang naik tandanya rebusan sudah mendidih setelah itu masukan daun pandan dan aduk kembali beberapa saat. Proses pembuatan susu kedelai pun selesai. Anda bisa tambahkan toping es krim di atasnya agar susu terasa lebih manis.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s