Memilih Kopi yang Berkualitas dan Pengolahannya

Memilih Kopi yang Berkualitas dan Pengolahannya

Bicara soal Kopi, juga bicara soal rasa, serta selera seseorang mengolah kopi tersebut. Ada yang lebih suka espresso, latte, cappuccino tubruk, luak dan lainnya.  Dan caranya pun berbeda-beda ada yang suka langsung menyeduh dan ada yang digiling oleh mesin kopi terlebih dahulu. Tapi tau kah kamu bahwa jenis tanaman kopi hanya terdiri dari dua jenis, yaitu robusta dan arabika. Kopi dari jenis tanaman Arabica lebih memiliki rasa yang kaya dibandingkan dengan robusta. Kopi jenis ini berasal dari Etophia dan kebanyakan varietasnya digunakan untuk diolah menjadi minuman kopi. Namun seiring perkembangan jenis biji kopi ini mulai dibudidayakan oleh banyak Negara seperti Amerika Latin, Afrika Tengah, Afrika Timur, India bahkan Indonesia.

meroncebungkuskopi1

Dari berbagai macam jenis biji kopi Arabica, pembibitan yang lebih baik lah yang menghasilkan citra rasa yang lebih mikmat. Prosesnya pun sangat panjang, mulai dari penanaman, panen, penyortiran, roasting, pengemasan, hingga penyajian. Cara memilih kopi yang berkualitas adalah dimulai dari lihat kemasan kopinya. Pilihlah kemasan yang menggunakan kantong yang terdapat lubang satu arah dan berbahan allumunium. Kenapa menggunakan lubang satu arah? Karena biji kopi dalam kemasan memerlukan ruang untuk mengeluarkan gas sehabis di roasting, namun oksigen dari luar tidak bisa masuk ke dalam kemasan. Jika kopi terkena oksigen lama kelamaan kualitasnya pun akan berkurang. Maka dari itu bila sudah membuka bungkus kopi sebaiknya sebisa mungkin dihabiskan selama 1 minggu.

Selain kemasan, cara memilih kopi yang terbaik adalah dengan mencarinya di tempat kopi itu dibibitkan. Dengan begitu kita akan mendapatkan kualitas kopi yang menjanjikan karena biji kopinya langsung diproses dari tempat penanamannya. Selanjutnya adalah bentuk kopi, ada yang masih berbentuk biji kopi yang sudah di sangrai dan dalam bentuk bubuk. Sekali lagi ini tergantung selera masing-masing. Kebanyakan pencinta kopi lebih memilih kopi dalam bentuk yang  masih berbetuk biji dan sudah di sangrai alasannya karena aromanya lebih kuat dibanding kopi bubuk. Pemilihan biji kopi pun ada kriteriannya yaitu pilih yang berwana coklat tua dan mengkilap.

Cara penyajiannya pun berbeda, kopi bubuk terbilang sangat instan pembuatannya, sedangkan biji kopi harus digiling terlebih dahulu denga mesin giling kopi atau yang disebut dengan grinder. Mesin giling kopi dapat menghasilkan olahan kopi yang berkualitas rasanya. Selain itu dengan menggunakan mesin giling kopi tersebut dapat mempermudah proses pembuatan kopi. Apalagi jika digunakan untuk kebutuhan kafe ataukedai kopi. Cara pengolahaan kopinya bisa Anda sesuaikan dengan selera sendiri. Karena sekali lagi selera sesorang dalam menilai sebuah kopi pasti berbeda-beda.

Suc

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s